Home » » Merbabu Selo Part I

Merbabu Selo Part I

Rabu, 16 April 2014. Hari itu selesai ujian nasional kami berencana mancal Mt.Merbabu lewat Selo. Yahh sebagai agenda refresing sih katanya, tapi juga sebagai “tamba kangen” bagi saya dan beberapa teman teman karena sudah lama vakum naik gunung. Kali ini ada 18 orang yang mencoba menuju puncak triangulasi. Seperti biasa kami berkumpul di tempat Yanayir/Ian di jalan magelang dekat polres sleman. Janjian jam setengah 4 dan niatnya jam sekitar jam 5 sudah berangkat. Eh, kok lha ada beberapa hal yang mengganggu dan memaksa kami untuk berangkat habis isya. Jalan menuju basecamp selo ini merupakan jalan yang membelah antara Gunung Merbabu dan Gunung Merapi dan banyak kelokan dan tanjakan  #extra_hati-hati.

Rumah yanayir (tempat kumpul)
Dan akhirnya kami sampai basecamp selo jam 8 malam. Mungkin karena kami datang terlalu malam, eh kok basecampnya tutup padahal kami niatnya mengisi perut sebagai tanaga buat naik nanti. Dengan terpaksa kami “gedok-gedok” tuh pintu basecamp. Untung pintunya dibuka dan untuk pesan makanan pun bisa. Yah kami semua dihidangkan makanan dengan menu nasi sayur plus telur dan minuman teh anget. Sambil makan kami sempat nonton Timnas U19 yang berlaga malam itu dan beberapa teman juga ngakak ngakak nonton ILK. Yaaa lumayan lah buat penyegaran sebelum mendaki.

Basecamp Selo pembanding Inda Okatvia

Basecapm Selo

Jam 10 kami pun mulai mendaki langit begitu cerah bintang bintang dapat menatap kami dengan mudah. Di  pandu oleh mas Aziz sebagai penunjuk jalan. Mulai kami langkah kaki demi kaki disunyinya malam dengan penerangan senter dan rembulan. Kali lewati gapura Selo masuk kedalam hutan. Antara Basecamp menuju Pos 1 track masih landai alias banyak bonus. Sampai Pos I, Pos I atau juga bisa disebut “Dok Malang” ini merupakan bidang datar yang tidak terlalu luas. Kami lanjutkan perjalan dengan kaki yang terus melangkah dan kadang diselingi dengan canda candaan di perjalanan.

Dari pos I menuju pos II jalan mulai menanjak dan sedikit bonus yang kami jumpai. Selain itu kami ekstra hati hati karena disebelah kanan kami terbentang jurang yang cukup dalam. Dingin pun mulai menusuk badan. Sempat juga saya mencium kesan kesan mistis diperjalanan. Sampai di Pos II kami istirahat sejenak, Tak beda dengan pos I pos II ini juga berupa dataran yang kecil. Dingin mulai menghampiri kami karena cukup lama kami istirahat. Kami lanjutkan perjalanan menuju Pos III.

View dari pos II ke Pos III (maaf gambar kurang bagus tapi aslinya indah banget )
Perjalan menuju pos III memerlukan tenaga ekstra dari perjalanan pos sebelumnya karena di sini jalur sudah mulai mendaki. Tetapi itu terbayarkan dengan view yang indah seperti view bukit bintang tapi lebih indah lagi. Melihat kota kota dan jalan raya halayak kunang kunang yang terdiam. Itulah bonus yang kami dapatkan diperjalanan menuju pos III. Sempat ku pikirkan ternyata indah juga negeri ini di malam hari :).