Home » » Merbabu Selo Part II

Merbabu Selo Part II

Lanjutan Mt. Merbabu Selo Part I

Sepanjang perjalanan angin semakin kencang berhembus dan semakin mersakan dingin pula. Ini waktunya angin gunung, angin mulai berhembus dari gunung menuju laut. Sempat kami berhenti untuk ngecamp tetapi kami paksakan untuk ngecamp di pos III. Akibatnya salah satu anggota kami pingsan di perjalanan dan kami terpaksa bikin tenda di tempat itu juga. Kami terpaksa menginjak injak rumput yang masih lebat agar bisa digunakan untuk mendirikan tenda. Hal yang tak terduka terjadi dan baru pertama kalinya saya mengalami ini. Ya teman yang pingsan itu kesurupan, sempat kaget aku. Anggota yang lain mulai mencoba menetralisir kedaan dengan membaca surat yasin, memberi semangat, menerapkan ilmu MP (Merpati Putih) . Karena kurang paham dengan hal hal mistis saya dan sebagian anggota hanya bisa membantu membuat api unggun saja, lumayan buat menghangatkan tubuh. Akhirnya malam mecekam itu reda dan kami bisa beristirahat malam itu juga walaupun cuma sebentar tapi allhamdullilah suasana kembali normal.

Matahari terbit/Sunrise 17 April 2014
Pagi itu matahari 17 April 2014 pukul 5:39 pagi mulai merangkak naik dari sela-sela awan di bawah dan memancarkan sinarnya yang ke orangean. Hmhmhm indah sekali, saya mulai rasakan hawa hangat meyelimuti tubuh yang kedinginan ini. Mulai kami persiapkan peralatan masak kompor, gas, nasting, dll. Menu pagi ini adalah mie instan haha. Maklum karena personil 18 orang untuk buat nasi ditakutkan nanti kehabisan gas. Matahari sudah agak terik waktu menunjukan pukul ‎‏‎7:53 pagi setelah semua mengisi perut akhirnya kami lanjutkan perjalanan menuju puncak kenteng songo. Perjalanan menuju pos III mulai kami langkahkan kaki demi kaki sambil sesekali kali merekam dengan kamera indahnya alam ini yang hari itu cukup cerah. Hampir sampai di Pos III mulai dijumpai bunga edelweis di sepanjang jalur pendakian.

Membuat hidangan pagi itu
Kurang lebih ‏‎30 menit akhirnya kami sampai di pos III. Hamparan yang lumayan luas dan pemandangan eksotik Gunung Merapi dapat terlihat dari sini. Inilah dia Pos III Gunung Merbabu selo. Terlintas di kepala saya perayaan kemerdekaan RI tahun 2013 yang saya ikuti di Pos III ini #KSBB. Cukup lama kami mengabadikan moment di pos tersebut sekitar 15 menit lah. Kemudian kami lanjutkan perjalanan menuju Sabana I.
Aku dan kawan kawan dari pos III merbabu selo
G.Merapi terlihat dari pos III

Langkah demi langkah kami mulai kembali, track lumayan nanjak dan terjal. Semakin naik sepadan dengan view yang semakin indah, gumpalan awan kecil kecil seakan menyendiri menemani perjalanan kali ini. Terik matahari yang begitu panasnya bercampur dengan hawa dingin yang sesekali lewat bersama kabut.

Pemandangan menuju sabana I

Perjalanan menuju sabana I
Jam 09.45 kami sampai di hamparan yang sangat luas. Rumput ruput bergoyang ke kanan ke kiri menyesuaikan tiupan angin. Puncak terlihat dari sini inilah dia pos IV merbabu atau sering dikenal sebagai sabana I. Jalan setapak membelah rerumputan menuju menuju sebuah bukit yang ada di depannya disitulah letak pos selanjutnya, sabana II. 3 orang teman memutuskan untuk sampai di sabana I. Saya dan teman yang lain mencoba munuju puncak kenteng songo. Tinggal satu bukit lagi, tapi seakan membuat down mental kata salah satu kawanku. Siang itu kabut mulai naik, G.Merapi mulai terlihat samar samar. Kami lanjutkan perjalanan. Pepohonan yang biasanya di samping jalur pendakian kini berganti dengan rerumputan setinggi kurang lebih 30 cm. Angin berhembus dengan mudahnya menerpa kami.

Saya dan sabana I

Bunga edelwies at sabana I

Hampir 30 menit kami sampai di balik bukit itu dan di sinilah pos V atau sabana II. Tak jauh berbeda dengan sabana I tapi ada hal yang membedakan dari sabana I yaitu ketinggian karena sabana II ini lebih tinggi sabana I J. Melihat jalur pendakian yang masih panjang, banyak teman kami memutuskan untuk sampai di sabana II saja dan hanya 3 orang yang melanjutkan perjalanan menuju puncak G.Merbabu. Sebenarnya puncak kenteng songo sudah terlihat mungkin melihat jalurnya yang membuat mental down akhirnya saya memutuskan berhenti di sabana II ini untuk menemani kawan kawan yang terlihat lelah.

Sabana II
Perjalan puncak merbabu tersebebut dapat tercapai dalam 1 jam, akhirnya pada siang itu pukul 11.00 kami sampai puncak merbabu (kenteng songo) dengan ketinggian 3145 mdpl. Begitu indahnya tuhan menciptakan alam ini. INI INDONESIA MEENNN. Memang sesuatu yang spesial untuk negeri di atas awan ini J