Home » » » BaseCamp Garmin Penerus Mapsource

BaseCamp Garmin Penerus Mapsource


BaseCamp Garmin Penerus Mapsource
BaseCamp Garmin Penerus Mapsource, Yey akhirnya posting lagi, Kali ini ane akan coba membagi testimoni ane tentang sofware terbaru garmin yaitu Basecamp. Basecamp ini merupakan penerus dari pendahulu yang dulu dulu yang bernama mapsource.

Terus apa bedanya dengan mapsource ??? sebenarnya gak terlalu jauh bedanya, tujuan dari software ini masih sama yaitu membantu mengolah data titik/waypoint yang ada di GPS garmin untuk kemudian dibaca di laptop / komputer.

Kalau bedanya yang paling mencolok adalah yaitu tampilan User Interface (UI) yang lebih friendly dan beberapa penambahan tools. Berikut ini ane ringkaskan testimoni ane :

Tidak perlu repot lagi cari file-file pekerjaan


BaseCamp Garmin Penerus Mapsource
Terkadang kita sebagai seorang engineer sering terburu- buru untuk menyimpan data, alhasil kita asal menaruh file gps tersebut pada suatu folder yang terkadang banyak sub sub folder. 

Setelah waktu yang lama, saat kita membutuhkan file tersebut kita lupa dimana menyimpan file gpsnya, benar kan ??? tentunya hal itu merepotkan sekali. 

Ane juga pernah mengalami hal serupa. Tetapi jangan khawatir pihak garmin sudah mendengar pendapat anda dan saya lalu menyelesaikan masalah tersebut. 

Jadi sekarang di basecamp, folder pekerjaan akan otomatis terbaca di folder list yang ada di pojok kiri atas seperti gambar di samping ini. 

Tentunya hal ini sangat berguna sekali buat ane yang kadang lupa naruh file hhe. Apalagi pembuatan daftar bisa menyesuaikan kebutuhan dengan membuat folder sesuai kebutuhan kita.

Sudah ada bawaan peta dunia gan


Tak seperti pendahulunya mapsource yang masih plong kosong tanpa peta, sekarang basecamp hadir dengan peta dunia yang langsung bawaan saat intstall masternya. Tetapi menurut ane, peta dunia ini masih belum menampilan tempat tempat dengan detail yang tinggi masih kalah sama peta navigasi net gan. 

BaseCamp Garmin Penerus Mapsource

Ane saranin lebih baik download peta di navigasi.net gan khusus indonesia lho ini. Pemasangannya sama seperti di mapsource.

Dengan mudah mengambil citra satelit secara langsung


Dengan tools “bird eye imagery” yang bergambar seperti lensa saat memotret berguna untuk mengambil gambar citra satelit secara langsung dan menampilkannya ke basecamp. Tentunya ini ada syaratnya gan yaitu bila ada device gps dan data birdseye (langganan gan di garmin) nya. 

BaseCamp Garmin Penerus Mapsource

Untuk yang tertarik menggunakan tools birdseye ini bisa lihat tutornya di sini . Tetapi, menurut ane hal ini gak terlalu penting gan kan bisa lewat google earth aja yang gratis hhe.

Tampilan lebih menarik dengan tiga dimensi lho


Ini nih yang yang merupakan trobosan garmin, tampilan 3d yang dapat kita gunakan di basecamp. Syaratnya tentunya harus ada data / peta 3d nya (dem,srtm,sejenisnya). Jujur nih ane blm pernah coba melakukan hal ini. 

BaseCamp Garmin Penerus Mapsource


Tapi sepengetahuan ane ada data yang disediakan garmin dan bisa langsung digunakan tetapi ya itu harus download dan juga harus bayar. Besok kalau sempat ane coba bikin tutornya gan pakai srtm (bersambung) wkwk.
Thanks for reading & sharing BaseCamp Garmin Penerus Mapsource
Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment