Home » » » Cara Membuat Kontur di Surpac. (Surpac Bgn 2)

Cara Membuat Kontur di Surpac. (Surpac Bgn 2)

Kembali lagi ane sobat, kali ini ane mau nerusin tutorial surpac yaitu Cara Membuat Kontur di Surpac. (Surpac Bgn 2), ane buat karena pada banyak nanya cara membuat label, smooting, dan edit-edit bagian interpolasi yang pada Cara Membuat Kontur di Surpac. (Surpac Bgn 1) yang tidak dijelaskan.
Jadi, yang belum baca tutorial tersebut ane sarankan baca dulu dan jangan yang terpenting praktikan secara pribadi.

Pada tahap ini ane anggap sobat sekalian sudah qatam pada bagian  Cara Membuat Kontur di Surpac. (Surpac Bgn 1), ane gak jelasin apa lagi yang perlu disiapkan, oke ??? Oke tahap selanjutnya yaitu

Menampilkan Elevasi Kontur.

  • Pastikan bahwa layer aktif untuk indeks kontur (warna merah) sobat
Labeling Kontur surpac
  • Klik pada bagian display ---- > point ---- > attributes
Labeling Kontur surpac
  • Akan muncul jendela popup dan sesuaikan pada gambar di bawah ini sob
Labeling Kontur surpac
    • Layer Name : layer yang akan ditampilkan labelnya
    • Desc Filed Number : Keterangan yang akan ditampilkan (z=elevasi).
  • Hasilnya akan menampilkan elevasi tiap garis indeks kontur sobat seperti pada gambar di bawah. Hal ini juga bisa diterapkan pada kontur yang bukan indeks.
Labeling Kontur surpac

Labeling Kontur surpac


Cara Untuk Smooting Kontur

  • Pastikan bahwa layer aktif untuk edit kontur sobat. Bisa indeks atau non indeks pilih salah satu aja. Disini saya pilih non indeks
  • Klik pada bagian surface ---- > conturing ---- > smooth string in layer
smooting kontur

  • Akan muncul jendela popup smooth string dan sesuaikan pada gambar di bawah ini sobat
smooting kontur
    • String range : string mana saja yang akan di smooth (1 = putih)
    • Number of line per segmnet : tingkat smoothnya ( semakin besar semakin smooth)
  • Lakukan langkah 1-3 pada kontur indeksnya. Maka akan dihasilkan kontur yang lebih halus seperti dibawah ini

smooting kontur
  • Jangan lupa lakukan save pada tiap file layernya

Cara Edit Konturnya

apabila sobat pengen edit kontur misalkan ada yang kurang rapi atau ada yang bersinggungan bisa sobat edit dengan memindahkan atau menghapus titik, segment, atau string tergantung kebutuhan sobat. Sebagai contoh ane akan coba pindah titik pada kontur.
  • Pastikan bahwa layer aktif untuk edit kontur sobat. Bisa indeks atau non indeks pilih salah satu aja.     Disini saya pilih non indeks
  • Klik pada bagian edit---- > point---- > move
edit kontur
  • Klik pada point pada kontur yang akan dipindah kemudian drag pada daerah yang di inginkan seperti pada gambar dibawah
edit kontur

  • Mungkin cukup gitu dulu sobat, akan ane buat tutor selanjutnya hhe. ditunggu ya

SEKIAN DAN TERIMA KASIH
Thanks for reading & sharing Cara Membuat Kontur di Surpac. (Surpac Bgn 2)
Previous
« Prev Post

1 comments:

  1. Why cannot save contour with notifications elv. Just to show not to save

    ReplyDelete