Home » » » Proses Pembentukan Pegunungan Dalam Simulasi Laboratorium

Proses Pembentukan Pegunungan Dalam Simulasi Laboratorium

Proses Pembentukan Pegunungan Dalam Simulasi Laboratorium Pembentukan Pegunungan, pegungan seperti yang sudah diketahui adalah rangkaian sebuah dataran yang menjulang lebih tinggi dari dataran di sekelilingnya. Pernahkah sobat berpikir bagaimanan pegunungan tersebut terbentuk ??? bagaimana pegunungan himalaya yang setinggi itu terbentuk ??

Banyak buku menyebut bahwa proses pembentukan pegunungan terjadi akibat pengangkatan suatu dataran karena proses lipatan-lipatan atau/dan sesar-sesar yang ditimbulkan oleh suatu gaya dari proses pergerakan lempeng.

Masih bingung sob ?? tenang sudah saya siapkan dalam video proses pembentukan pegunungan dalam simulasi laboratorium. Yang perlu dicatat yaitu proses pembentukan pegunungan dalam video ini hanya merupakan salah satu model dari berbagai model terbentuknya pegunungan.

Model yang ane ambil adalah model pegunungan lipatan dan sesar akibat pertemuan dua lempeng benua atau biasa disebut collusion. Model ini disimulasikan oleh jacques malavieille seorang geologist dari prancis dengan menggunakan kotak kaca dan sejenis pasir berwarna-warni sebagai media bantunya.

Proses Pembentukan Pegunungan Dalam Simulasi LaboratoriumKotak kaca ini berfungsi tempat wadah pasir berwarna-warni tadi, sedangkan pasir tersebut digunakan sebagai media pembuatan lapisan kerak bumi (lapisan batuan-batuannya). Pembuatan lapisan kerak tersebut dialakukan dengan menaburkan pasir pada sebuah kotak kaca sampai terlihat seperti sebuah lapisan yang benar-benar data.

Dalam simulasi tersebut sob, dibentuklah dua blok lempeng yang mana blok 1 terdiri dari lempeng benua dan samudra dan blok 2 terdiri dari 1 lempeng benua. Kedua blok tersebut diarahakan untuk salaing bertemu.

Dan yang terjadi adalah pada daerah pertemuan tersebut banyak timbul lipatan-lipatan dan sesar-sesar naik. Penasaran sob, langsung saja putar simulasinya

Demikain artikel proses pembentukan pegunungan semoga bermanfaat.
Thanks for reading & sharing Proses Pembentukan Pegunungan Dalam Simulasi Laboratorium
Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment